Soal Pilkada Damai, LPPD Apresiasi HIRO dan Pertanyakan Ketidakhadiran Rico Waas dan Prof Ridha - Suara Medan | Info Medan Terkini

Soal Pilkada Damai, LPPD Apresiasi HIRO dan Pertanyakan Ketidakhadiran Rico Waas dan Prof Ridha



SUARAMEDAN.com -  Medan,- Ketidakhadiran dua Calon Wali Kota Medan, Rico Waas dan Prof Ridha Darmajaya dalam deklarasi Pilkada Damai yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Selasa (23/09/2024) menimbulkan tanda tanya sejumlah pihak. Salah satunya Lembaga Pemantau Pemilu Damai (LPPD) yang menilai semangat keduanya dalam mewujudkan Pilkada Damai 

Hal teresebut diungkapkan Agung Ketua LPPD Kota Medan kepada sejumlah wartawan saat ditanya terkait ketidakhadiran dua Calon Wali Kota Medan tersebut di deklarasi Pilkada Damai. 

"Kita sangat menyayangkan keduanya (Rico Waas dan Prof Ridha Darmajaya-red) tidak hadir. Apakah kedua Calon Walikota tersebut tidak menginginkan bahwa pelaksanaan pemilu terlaksana secara damai?," tanyanya.

Pihaknya mengapresiasi pasangan H.Hidayatullah SE - Ahmad Yasyir Ridho (HIRO) nomor urut 3 yang dinilai bersungguh-sungguh dalam upayanya mewujudkan Pilkada Damai. "Hadir di deklarasi Pilkada Damai setidaknya menyiratkan kalau pasangan nomor 3 memiliki kesungguhan dalam mewujudkan Pilkada Damai," ungkapnya.

Agung juga mengungkapkan, bagaimana mungkin hal yang sangat penting dalam pelaksanaan Pilkada yakni memastikan Pilkada berlangsung damai yang ditunjukan dalam deklarasi pemilu damai tidak mereka hadiri. "Kehadiran keduanya hanya di wakilkan, hal ini cukup disayangkan terjadi, ” ungkapnya.

Disampaikannya, lahirnya pilkada yang berjalan secara damai salah satu faktor pendukungnya adalah kehadiran paslon dalam deklarasi pilkada damai yang menunjukan kesungguhan untuk melakukannya. " Kita meragukan kedua Calon Walikota tersebut terkait kesiapan dan pemahamannya terhadap urgensi dari Pemilu damai. Kami juga meminta ketegasan dari KPUD Kota Medan terkait hal ini. KPUD Kota Medan harus memanggil kedua Calon Walikota tersebut untuk hadir ke KPU Medan dan menandatangani pernyataan siap mengikuti Pemilu secara damai," pintanya.

Selain itu pihaknya juga meminta ketegasan KPUD Kota ke depan agar menekankan kepada Paslon yang ada agar mengikuti setiap tahapan atau proses yang telah KPU tetapkan dengan benar. "Merka seharusnya tidak mangkir seperti ini,” tegasnya.

Seperti diketahui, Selasa pagi KPU Kota Medan menggelar deklarasi Pilkada Damai di Jalan Kejaksaan Medan,  dalam deklarasi tersebut tampak hadir Calon Walikota-Wakil Walikota Medan nomor urut 3 H.Hidayatullah SE dan Ahmad Yasyir Ridho Loebis, sementara itu pasangan nomor urut 1 hanya diwakilkan oleh Calon Wakil Wali Kota Medan H.Zakiyuddin Harahap, sementara itu pasangan calon nomor urut dua juga hanya diwakilkan Calon Wakil Wali Kota Medan H.Abdul Rani SH.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Soal Pilkada Damai, LPPD Apresiasi HIRO dan Pertanyakan Ketidakhadiran Rico Waas dan Prof Ridha"

Post a Comment