Ini Dia Sejarah Lahirnya Hari Hijab Internasional - Suara Medan | Info Medan Terkini
Beranda · Berita · Teknologi · Olahraga · Gaya Hidup

Ini Dia Sejarah Lahirnya Hari Hijab Internasional


Ini Dia Sejarah Lahirnya Hari Hijab InternasionalSUARAMEDAN.com - NEW YORK.- Peringatan perdana Hari Hijab Sedunia dimulai 1 Februari 2013. Adalah warga New York, Nazma Khan yang mendorong adanya peringatan itu.


Ide awalnya sederhana, yakni mengajak perempuan non-Muslim untuk mengenakan hijab. Dari ide sederhana itu, gerakan tersebut mulai mendapat simpati dan apresiasi.

Dari latar belakang kelahirannya, Hari Hijab Sedunia datang dari Amerika, negara yang memiliki sedikit populasi Muslim. Di negara itu, ada pandangan yang menyebut jilbab merupakan perampasan hak kalangan perempuan.

Tak heran, jilbab menjadi sasaran empuk pihak-pihak yang tidak paham ajaran Islam.Peringatan Hari Hijab Internasional tahun ini terasa semakin special mengingat sentimen anti Silam di eropa semakin hari semakin meningkat, terutama di Amerika Serikat, setelah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden negeri paman sam tersebut.

Tapi di balik tekanan yang terjadi terhadap muslimah yang ada di Eropa, perjuangan yang dilakukan para muslimahpun semakin kuat. Kini peringatan hari hijab sedunia tidak hanya sebagai ceremonial belaka, tapi mereka telah menyuarakan hijab sebagai identitas mereka.

“Orang-orang bilang hijab adalah simbol tekanan. Namun, adalah tekanan jika kalian tidak membiarkan kami mengenakannya,” ujar seorang Muslimah, Salmah Moussa, dilansir Daily Sabah, dari akun media sosial Hari Hijab Internasional.

Hijab, di tengah isu radikalisme dan mewabahnya Islamofobia, menimbulkan penafsiran-penafsiran baru. Hijab dikenal sebagai perintah berpakaian dari Allah SWT agar wanita menjaga kehormatan mereka dengan berhijab.

Namun, ketika Islamofobia merajalela di tanah Barat, hijab mulai dipandang sebagai pemicu munculnya sentimen anti-Muslim, bahkan pada beberapa kasus hijab dipandang sebagai pernyataan politik.

Diskriminasi terhadap Muslimah pengguna hijab terungkap dalam kisah-kisah yang dibagi oleh mereka yang turut berpartisipasi dalam peringatan tersebut. Khan, pencetus peringatan yang dimulai pada 1 Februari 2013 tersebut, merasakan diskriminasi itu sendiri.

“Saya mengalami diskriminasi karena hijab saya, di sekolah menengah, saya diejek ‘Batman’ atau ‘ninja’. Masuk universitas, setelah peristiwa 911, saya dijuluki Usamah Bin Ladin dan disebut sebagai teroris. Itu sangat mengerikan. Saya berpikir satu-satunya cara untuk mengakhiri diskriminasi ini adalah mengajak saudari-saudari saya untuk merasakan pengalaman mengenakan hijab,” cerita Khan.

Melalui gerakan bermoto "Cantik, Percaya Diri, dan Bersemangat", peringatan Hari Hijab Internasional memang mengajak wanita-wanita yang belum memiliki pengalaman berhijab merasakan satu hari kehidupan menjadi pengguna hijab

0 Response to "Ini Dia Sejarah Lahirnya Hari Hijab Internasional"

Post a Comment