DPRD Jakarta Boikot Ahok - Suara Medan | Info Medan Terkini
Beranda · Berita · Teknologi · Olahraga · Gaya Hidup

DPRD Jakarta Boikot Ahok


DPRD Jakarta Boikot AhokSUARAMEDAN.com - Menteri dalam Negeri Cahyo Kumolo dinilai telah melanggar konstitusi dengan mengaktifkan kembali Basuki Cahaya Purnama atau Ahok menjadi Gubernur DKi Jakarta. Hal tersebut menimbulkan kegaduhan baru di republik ini.


Setelah DPR RI melakukan hak Angket, kini Lima fraksi DPRD DKI Jakarta melakukan aksi boikot terhadap Ahok. Boikot itu dilakukan karena Mendagri tidak memberikan kejelasan status Ahok yang sudah menjadi terdakwa pada kasus dugaan penistaan agama. Bentuk dari aksi boikot tersebut yaitu dengan tidak menghadiri rapat - rapat pembahasan dengan SKPD.

Lima fraksi di DPRD DKI Jakarta tersebut yaitu fraksi PKS, PPP, PKB, Gerindra, dan Fraksi PAN-Demokrat.

"Sesuai dengan undang-undang Pemerintahan Daerah, Ahok yang sudah menjadi terdakwa harusnya diberhentikan. Tapi sampai sekarang Kemendagri tidak memberikan kejelasan status Ahok tersebut," tegas Taufik, saat konferensi pers, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (13/2/2017).

Baca juga: Aktifnya Ahok Bukan Lagi Persoalan Hukum, Tapi Kental Nuansa Politik

Termasuk rapat pembahasan program lainnya maupun pembahasan raperda.
"Padahal, banyak pakar hukum yang telah menyatakan bahwa Ahok yang sudah berstatus sebagai terdakwa seharusnya diberhentikan, ketika masa cutinya sudah habis," katanya.

Karena itu, pihaknya akan bersurat kepada Mendagri, Tjahjo Kumolo dan Presiden Joko Widodo untuk menanyakan kejelasan Ahok sebagai gubernur dengan status terdakwa.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi PKS, Triwisaksana atau Sani mengatakan, bahwa jika Ahok tetap dipaksakan aktif sebagai Gubernur maka ditakutkan, produk yang dihasilkan cacat hukum.

"Jika Ahok dipaksakan tetap aktif sebagai gubernur kami khawatir produk hasil kerja yang dikeluarkan nanti cacat hukum dan digugat.

"Karena itu, kami menyampaikan bahwa DPRD menunggu kejelasan beliau agar roda pemerintahan dan kerjasama dengan legislatif menjadi jelas. Jadi ini sama sekali tidak ada kaitanya dengan politik," katanya.

Ketika dikonfirmasi mengenai aksi boikot tersebut, Ahok menjawabnya singkat.
"Kamu tanya Mendagri," kata Ahok di Balai Kota, usai menjalani sidang kasus penistaan agama.

0 Response to "DPRD Jakarta Boikot Ahok"

Post a Comment