Dramatis !, Indonesia ke Semifinal Setelah Tumbangkan Singapura - Suara Medan | Info Medan Terkini
Beranda · Berita · Teknologi · Olahraga · Gaya Hidup

Dramatis !, Indonesia ke Semifinal Setelah Tumbangkan Singapura

SUARAMEDAN.com - Manila, - Timnas Indonesia sukses meraih tiket semifinal Piala AFF 2016. Di laga pamungkas Grup A, Skuat Garuda menang secara dramatis atas Singapura dengan skor 2-1 di Stadon Rizal Memorial, Jumat (25/11).

Dengan kemenangan itu, skuat asuhan ALfred Riedl memastikan tiket ke babak semifinal sebagai runner-up Grup A. Pasalnya di laga lain, Thailand turut membantu keberhasilan Indonesia melalui kemenangan atas Filipina dengan skor 1-1 di Philippne Sports Stadium.

Indonesia yang menyadari kemenangan menjadi harga mati, langsung menekan sejak awal. Boaz Solossa dan kawan-kawan berhasil mendominasi jalannya pertandingan sejak babak pertama dimulai.

Keasyikan menyerang, gawang Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga justru kebobolan. Tendangan salto, Khairul Amri memanfaatkan umpan sundulan Safuwan Baharudin meluncur deras ke gawang Indonesia pada menit ke-27.

Gol itu membuat Indonesia semakin bernafsu melancarkan serangan. Dua peluang didapat melalui Boaz dan Lilipaly tapi tidak bisa membobol gawang, Hassan Sunny yang tampil apik di bawah mistar Singapura. Skor 1-0 untuk keunggulan Singapura pun bertahan hingga turun minum.

Pada paruh kedua, Riedl coba melakukan pergantian srategi. Pada menit ke-58, Ferdinand Sinaga dimasukkan guna menggantikan Evan Dimas. Masuknya penyerang asal klub PSM Makassar itu meningkatkan daya gedor Indonesia.

Hasilnya, gol penyeimbang berhasil dilesakkan pada menit ke-62. Menerima umpan silang dari Rizky Pora, Andik menyambar bola dengan tendangan voli di mulut gawang untuk menghujam gawang Hasan Sunny.

Belum puas dengan satu gol, Riedl kembali menambah tenaga baru dengan memasukkan Manahati Lestusen menggantikan Benny Wahyudi serta Zulham Zamrun menggeser tempat Rizky Pora.

Semangat Indonesia kian membara saat Thailand berhasil mencetak gol ke gawang Filipina pada menit ke-81 melalu Sarawut Masuk. Keunggulan 1-0 Thailand itu membuat peluang Indonesia untuk lolos semakin terbuka lebar. Motivasi pun kian menggebu.

Hasilnya, lima menit jelang waktu normal berakhr, Stefano Lilipaly menjad penentu kemenangan Indonesia usai bola umpan silang Boaz disambarnya dengan tembakan voli kaki kanan yang merobek jala gawang Singapura. Indonesia berbalik unggul 2-1.

Singapura lantas coba keluar menekan di sisa laga. Indonesia sesekali melancarkan serangan balik karena sebagian besar pemain Singapura maju menekan. Sampai wasit meniup peluit akhir, Indonesia akhirnya berhasil mengamankan kemenangan 2-1 dan berhak melaju ke babak semifinal sebagai runner-up Grup A.

Di babak semifinal, Indonesia akan menantang juara Grup B, Vietnam, dalam format kandang dan tandang. Indonesia akan bermain kandang lebih dahulu pada Sabtu (3/12) sebelum gantian menyambangi Vietnam pada Rabu (7/12).

Susunan Pemain

Singapura (4-5-1): 18-Hassan Sunny; 9-Abdul Hameed, 6-Mohana, 16-Bennett, 2-Hamzah; 24-Hanapi (17-Shahril Ishak 76′), 25-Mohan Kumar (29-Shafq Ghani 84′), 21-Safuwan Baharudin, 14-Hariss Harun, 10-Faris Ramli (7-Gabriel Quak Jun Yi 90+1′); 19-Khairul Amri
Pelatih: V. Sundramoothy

Indonesia (4-4-1-1): 1-Kurnia Meiga; 2-Beny Wahyudi (25-Manahati Lestusen 74′), 16-Fachrudin Aryanto, 13-Rudolof Yanto Basna, 3-Abduh Lestaluhu; 19-Bayu Pradana, 8-Stefano Lilipaly; 21-Andik Vermansah, 6-Evan Dimas (9-Ferdinand Snaga 58′), 14-Rizki Pora (10-Zulham Zamrun 78′); 7-Boaz Solossa
Pelatih: Alfred Riedl.

0 Response to "Dramatis !, Indonesia ke Semifinal Setelah Tumbangkan Singapura"

Post a Comment