Dihadiri Indro Warkop, Pematangsiantar Resmi Miliki Tugu Becak (BSA) - Suara Medan | Info Medan Terkini
Beranda · Berita · Teknologi · Olahraga · Gaya Hidup

Dihadiri Indro Warkop, Pematangsiantar Resmi Miliki Tugu Becak (BSA)

SUARAMEDAN.com - Gubsu Ir HT Erry Nuradi MSi meresmikan Tugu Becak Siantar (BSA) sebagai ikon Kota Pematangsiantar, Sabtu (15/10). Peresmian tugu tersebut merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke-10 BSA Owner Motorcycle Siantar (BOMS).

Turut hadir pada acara tersebut mewakili bikers nasional sekaligus artis film dan komedian Indro Warkop, Presiden BOMS HK Erizal Ginting, Pj Waliota Pematang Siantar Jumsadi Damanik, FKPD Kota Pematangsiantar, para bikers nasional dan mancanegara serta ribuan masyarakat Kota Pematangsiantar.

Gubsu Ir HT Erry Nuradi memgapresiasi pemerintah kota Pematangsiantar, khususnya BSA Owner Motorcycles (BOM'S) dan semua pihak yang telah bekerja keras bagi terbangunnya Tugu Becak Siantar sebagai ikon Kota Pematangsiantar.

Pelestarian becak bermotor warisan Belanda dan Inggris oleh Pemko Siantar dan BOMS lanjut Gubsu merupakan salah satu upaya untuk pengembangan pariwisata.

Gubsu menilai ini merupakan inovasi dan prakarsa luar biasa dari masyarakat Kota Siantar dalam memodifikasi motor BSA yang merupakan pampasan perang menjadi becak sebagai sarana transportasi dan pariwisata. Karena memang hanya tinggal di Kota Pematangsiantar, becak bermotor merk BSA dan sejenisnya dan merupakan warisan perang dunia yang masih beroperasi dengan baik. "Upaya ini merupakan kerja keras yang luar biasa daripada anak bangsa khususnya kota Pematang Siantar dalam upaya melestarikan peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi," sebut Erry.

Pada kesempatan itu Gubsu juga mengajak Pemko Siantar berkomitmen bekerjasama untuk menggelar even wisata secara konsisten dan teragenda. Yang nantinya akan mendorong pengembangan wisata di Sumatera Utara. "Kedepan diharapkan Pemko Siantar akan memiliki Museum Becak Siantar yang membanggakan kita semuanya," ujar Erry.

Lebih jauh Erry berharap even-even seperti yang dilaksanakan Pemko Siantar dan BOMS menjadi agenda rutin pariwisata di Kota Pematangsiantar yang dapat menunjang mengembangkan potensi wisata Danau Toba yang berdekatan dengan Kota Pematangsiantar yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya kota Pematangsiantar. "Selamat ualng tahun yang ke sepuluh kepada BOMS semoga tidak hentinya menyuarakan semangat untuk mempertahankan eksistensi becak sebagai ikon Kota Pematang Siantar," kata Gubsu.

Indro Warkop mewikuli biker nasional pada kesempatan itu mengajak kepada seluruh bikers untuk terus memberikan sumbangsihnya bagi pembangunan. "Bikers bukan gank star, bikers punya aspirasi dan ingin punya andil dalam pembangunan, khususnya pembangunan daerah," ajak Indro Warkop.

Indro pada kesempatan itu merasa bangga kepada pemko Pematang Siantar dan BOMS yang telah menjadikan BSA sebagai ikon Kota Pematang Siantar dan tetap menjaga kelestarian becak antik tersebut. Karena menurut Indro hanya kota Pematangsiantarlah yang memiliki becak bermotor yang antik dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. "Mari kita gaungkan bahwa hanya kota Pematangsiantarlah yang punya becak yang antik dengan nilai sejarah yang tinggi," kata Indro.

Presiden BOMS HK Erizal Ginting mengharapkan dukungan pemerintah daerah khusus Kota Pematangsiantar dan seluruh masyarakat untuk terus mendukung pelestarian BSA sebagai peninggalan sejarah dan berharap para bikers ke depannya dapat berperan dalam melestarikan lingkungan serta dalam pembangunan daerah. "Kita jadikan BSA sebagai ikon kota yang kita banggakan dan sebagai mitra pemerintah dalam proses pembangunan demi kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Pada acara tersebut Gubsu berkesempatan memeberikan piagam rekor Muri kepada Pemerintah Kota dan presiden BOMS karena telah memecahkan rekor Konvoi Becak Motor Antik Satu Merek Terbanyak.

0 Response to "Dihadiri Indro Warkop, Pematangsiantar Resmi Miliki Tugu Becak (BSA)"

Post a Comment