Ribuan Muslim Inggris Sholat Ied di Birmingham - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ribuan Muslim Inggris Sholat Ied di Birmingham

Ribuan Muslim Inggris Sholat Ied di Birmingham
SUARAMEDAN.com - Puluhan ribu umat Muslim di Inggris berbondong-bondong menuju taman kota Small Heath Park di Birmingham untuk menunaikan salat Id pada Jumat (17/7) pagi. Jumlah warga Muslim yang datang dari penjuru Inggris sejak pagi hari ke taman kota ini mencapai 60 ribu, menjadikan peristiwa ini sebagai acara peribadahan Muslim terbesar di Eropa.

Diberitakan The Independent, ribuan meter plastik terpal untuk alas sajadah terlihat terbentang membentuk barisan saf, menutupi hamparan rumput hijau taman kota ini. Kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan, dengan kendaraan terlihat menyemut sepanjang 6,5 km. Ribuan keluarga terlihat berjalan kaki menuju taman ini.

"Ini adalah hari yang indah, ada perasaan besar untuk bersatu di sini," kata Ramiz Haq Said, seorang instruktur mengemudi berusia 31 tahun yang sengaja datang dari Stirchley bersama keluarganya untuk salat Id dan merayakan Idul Fitri bersama di taman ini, dikutip dari The Guardian.

Pergelaran ibadah salat Id di taman kota ini dimulai sejak tiga tahun lalu setiap Idul Fitri. Saat itu, hanya ribuan Muslim Inggris yang datang, berkumpul bersama di taman ini untuk menunaikan ibadah sembari bersilaturahmi.

Tahun lalu, tercatat sekitar 44 ribu orang datang untuk salat Id. "Semakin tahun semakin banyak. Sepertinya seluruh komunitas Muslim tumpah ruah di sini, beribadah dan merayakan hari raya," kata Haq yang mengaku sengaja datang sejak pagi agar dapat salat di shaf terdepan.

Warga Muslim lainnya, Husna Khan, 21, juga sengaja datang ke taman ini dari Sheffield. Selain untuk salat Id, dia juga datang untuk berkumpul bersama teman sesama Muslim. "Idul Fitri adalah saatnya untuk berkumpul. Ini seperti festival musik untuk kami, seperti festival Glastonbury bagi kami," kata Khan.

Menikmati Bazar

Sesaat setelah salat Id dan ceramah berakhir, ribuan keluarga menikmati bazar yang tersedia di taman tersebut. Sejumlah kios makanan, yang didominasi dengan menu barbecue terlihat terhampar di sepanjang taman, di samping kareta hantu dan komedi putar. Gubernur Birmingham, Ray Hassal, juga terlihat hadir dalam perayaan ini. 

Salah satu penjaga kios makanan, Hasan Ahmed, 21, siswa dari Hodge Hill, terlihat tengah menyiapkan samosa bersama keluarganya. "Seluruh penjualan hari ini akan disalurkan ke sejumlah panti asuhan di Burma dan Suriah," katanya.

Acara yang diadakan di taman ini digelar tanpa dana dari pemerintah setempat, melainkan dari sumbangan sejumlah masjid besar di Inggris. Para pemilik booth juga membayar dengan kocek mereka sendiri, dan sebagian besar panitia bazar merupakan sukarelawan Muslim yang datang dari berbagai penjuru Inggris untuk berlebaran di taman ini.

Juru bicara Masjid Green Lane, Waseem Khan, menilai perayaan Idul Fitri di Birmingham semakin marak setiap tahunnya. Khan bersyukur warga Muslim di Inggris dapat beribadah di ruang terbuka, tanpa sentimen diskriminasi.

"Acara ini menandakan bahwa komunitas Muslim di Inggris bersatu. Lihatlah, ada orang keturunan Arab, Asia, Afrika di sini. Ada mualaf, ada juga umat non-Muslim di acara ini," kata Khan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ribuan Muslim Inggris Sholat Ied di Birmingham"

Post a Comment