Yusuf Kalla di tuding Anti KPK - Suara Medan | Info Medan Terkini

Yusuf Kalla di tuding Anti KPK

SUARAMEDAN.comJakarta - 2 Juni 2015, Indonesia Corruption Watch (ICW) melalui Koordinator Badan Pekerja ICW, Ade Irawan, menuding Wakil Presiden Jusuf Kalla tak mendukung pemberantasan korupsi. Dalam sejumlah pernyataannya, Kalla seolah-olah memberi ruang kepada bawahannya untuk menerabas aturan. “Wakil Presiden memberi angin segar kepada birokrat agar tak bersikap antikorupsi,” katanya

Salah satu sikap Kalla yang dikritik Ade adalah saat dia membela Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Budi Waseso, yang sempat menolak melaporkan kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kalla memakluminya dengan alasan kekayaan Budi tak besar. Lagi pula, kata Kalla, Budi pernah melaporkan hartanya ketika menjabat Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo pada 2012.

Kalla juga pernah mengatakan bahwa penyidik KPK mesti berasal dari kepolisian dan kejaksaan. Pernyataan Kalla senada dengan pendapat Kabareskim Budi Waseso yang menilai aturan penyelidik dan penyidik dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana lebih mengikat ketimbang Undang-Undang KPK.

Sebelumnya,  Kalla  juga berkomentar yang menyudutkan upaya pemberantasan korupsi dan terkesan anti-KPK.  “Positifnya, KPK sekarang harus hati-hati. Jangan seperti zaman dulu, main tembak saja kadang-kadang, ujarnya, 28 Mei lalu,  mengomentari soal kekalahan KPK dalam praperadilan Hadi Poernomo.

Juru bicara Wakil Presiden, Hussain Abdullah, mengatakan, dalam sejumlah pernyataannya, Kalla memang seperti menyindir KPK. Padahal, kata Hussain, hal itu merupakan kritik Kalla agar KPK lebih baik. Dan KPK bukanlah sekumpulan malaikat yang tidak bias melakukan kesalahan “Kritik itu kadang disalahartikan oleh masyarakat,” ujarnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Yusuf Kalla di tuding Anti KPK"

Post a Comment