Pesan Waisak, Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya Tidak Mewakili Umat Buddha - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pesan Waisak, Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya Tidak Mewakili Umat Buddha

Pesan Waisak, Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya Tidak Mewakili Umat Buddha
SUARAMEDAN.com - Penderitaan pengungsi Rohingya dari Myanmar dan Bangladesh juga mendapat sorotan dalam perayaan Tri Suci Waisak 2559 BE/2015. Umat Buddha Indonesia menyelipkan doa bagi para pengungsi dalam perayaan Waisak tahun ini. Biksu Nyanagupta dari Wihara Ekayana di Jakarta Barat mengatakan Selasa pagi (02/06), kekejaman yang dilancarkan terhadap kaum Rohingya di Myanmar tidak mewakili seluruh umat Buddha. Menurutnya itu bahkan tidak mewakili seluruh umat Buddha Myanmar.

Biksu itu menambahkan, pelaku kekerasan terhadap Rohingya merupakan ulah oknum. Oleh sebab itu, Nyanagupta juga meminta agar media obyektif dalam memberitakan kasus-kasus Rohingya. Ia mengatakan, harus diakui bahwa di setiap agama terdapat unsur ekstremis.

Nyanagupta juga meminta agar Indonesia tidak hanya terbuka bagi pengungsi dari Bangladesh atau Rohingya saja. Indonesia harus tetap terbuka terhadap para pengungsi. Ia mengingatkan pada sejarah penerimaan pengungsi oleh pemerintah Indonesia. "Beberapa puluh tahun lalu Indonesia pernah menampung pengungsi Buddha dari Vietnam di kamp pengungsian Galang," kata Nyanagupta sebagaimana dimuat pada laman dw.de.

Bantuan bagi Rohingya

Nyanagupta juga memastikan, bahwa organisasi masyarakat Buddha memberikan bantuan bagi pengungsi Rohingya. Bantuan tersebut diberikan berdasarkan sisi kemanusiaan dari umat Buddha.

Senin (01/06), anggota Komisi I Ahmad Muzani mengatakan, pemerintah Indonesia tidak mungkin mengusir atau menolak pengungsi Rohingya yang jumlahnya ribuan, yang saat ini berada di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Ia mengusulkan agar pemerintah menyediakan tempat penampungan khusus atau sebuah pulau. Sebelumnya juga sudah ada suara-suara yang mengusulkan agar Indonesia menyediakan pulau bagi pengungsi Rohingya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pesan Waisak, Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya Tidak Mewakili Umat Buddha"

Post a Comment