Kantor Megah DPP PDI Perjuangan Diresmikan, Pertanda Kembalinya Kekuasaan - Suara Medan | Info Medan Terkini
Beranda · Berita · Teknologi · Olahraga · Gaya Hidup

Kantor Megah DPP PDI Perjuangan Diresmikan, Pertanda Kembalinya Kekuasaan

Kantor Megah DPP PDI Perjuangan Diresmikan, Pertanda Kembalinya Kekuasaan

SUARAMEDAN.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri meresmikan kantor baru Dewan Pimpinan Pusat PDIP di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta Pusat, Senin siang (1/6). Megawati didampingi oleh putrinya yang juga pejabat nonaktif PDIP, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Diapit oleh Puan dan Hasto, Megawati menandatangani prasasti di depan kantor baru PDIP tersebut. “Satu Juni 2015 ini dengan mengucapkan bismillah maka kantor Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan yang dari dulu telah kita miliki dan telah dibangun kembali, dengan ini resmi dibuka," kata Megawati disambut tepuk tangan meriah para kader PDIP.

Megawati kemudian dipersilakan untuk masuk ke gedung yang dahulu pun menjadi markas partainya saat masih bernama Partai Demokrasi Indonesia. Itu sebelum Peristiwa 27 Juli 1996 atau Sabtu Kelabu meletus dan kantor tersebut diserbu dan direbut oleh massa pendukung Ketua Umum PDI versi Kongres Medan Soerjadi. Pengambilalihan paksa kantor PDI di Diponegoro pada era Orde Baru itu dibantu oleh aparat polisi dan TNI.

Saat ini di era Reformasi, tak ada lagi PDI Soerjadi. Hanya ada PDIP di bawah kepemimpinan Megawati yang mengukuhkan posisi sebagai partai penguasa sejak kemenangannya pada Pemilu 2014. Maka difungsikannya kembali kantor partai di pusat kota Jakarta melengkapi kembalinya PDIP ke kursi kekuasaan.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam peresmian kantor PDIP tersebut, antara lain Menteri Dalam Negeri yang juga mantan Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, dan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo.

Putra mahkota Megawati, Prananda Prabowo yang mejabat sebagai salah satu Ketua DPP PDIP, juga hadir pada acara penting itu.

Dalam prasasti yang ditandatangani Megawati di depan kantor PDIP, ada beberapa kalimat yang berhubungan dengan tanggal 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila.

"Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, nyalakan terus semangat perjuangan untuk membela ideologi Pancasila 1 Juni 1945, 'dedication of life' kita merupakan api nan tak kunjung padam, pantang surut, pantang menyerah, maju terus untuk kejayaan Indonesia raya tercinta," ujar Megawati seperti dikutip dari prasasti yang ditandatanganinya.

Sebelumnya, Hasto mengatakan jika rencana pembangunan kembali gedung lama PDIP tersebut telah digalang sejak 10 tahun lalu. Gedung berdinding putih dengan pilar-pilar merah darah itu yang direnovasi dengan biaya Rp 42,6 miliar itu akan menggantikan kantor lama PDIP yang beralamat di Lenteng Agung, tepi selatan Jakarta.

"Seluruh kegiatan operasional akan diorganisasikan di sini mulai 17 Juni, sementara kantor di Lenteng Agung akan dijadikan pusat pelatihan kader serta organisasi sayap partai," kata Hasto sebagaimana dimuat pada laman cnnindonesia.

Lima pilar merah darah di bagian depan gedung baru ini, ujar Hasto, menandakan dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila, Pancasila. 

0 Response to "Kantor Megah DPP PDI Perjuangan Diresmikan, Pertanda Kembalinya Kekuasaan"

Post a Comment