Repot Mengurus Dua Anak, Ini Tipsnya? - Suara Medan | Info Medan Terkini
Beranda · Berita · Teknologi · Olahraga · Gaya Hidup

Repot Mengurus Dua Anak, Ini Tipsnya?

Repot Mengurus Dua Anak, Ini Tipsnya?
SUARAMEDAN.com - Bagi orang tua yang baru saja memiliki anak kedua, pasti bingung bagaimana mengatasinya? Mengurus satu anak saja masih repot, apalagi tambah satu anak lagi.
Belum lagi jika si kakak merasa cemburu atas kehadiran sang adik, karena merasa perhatiannya terbagi dengan adik. Jangan khawatir laman Huffingtonpost Rabu (6/5) memiliki solusi untuk mengatasi hal ini. Simak tips berikut ini.

1. Anda harus memberikan kasih sayang yang sama dengan keduanya. Hati Anda tidak akan terbagi, hati Anda untuk keduanya. Jangan pernah berat sebelah dengan lebih mencintai salah satu diantara mereka.

2. Jika bayi Anda rewel, tapi tidak benar-benar menangis, hanya mengeluh, pastikan Anda mengatakan kepadanya, "Sebentar ya sayang atau satu menit saja sayang, Ibu mau membantu kakak dulu," ujarnya. Misalnya sedang menyuapi kakak, memandikannya atau yang lainnya. Begitupula sebaliknya, jika kakak rewel, katakan pada kakak, "Sebentar ya kak, Ibu menyusui adik dahulu." Dengan begitu anak akan mengerti.

3. Masukkan si sulung sekolah play group atau pendidikan anak usia dini (PAUD) atau ikut program daycare selama dua atau tiga hari dalam seminggu selama beberapa jam. Ini akan memberikan Anda waktu untuk tidur ataupun bersantai sebentar bersama bayi Anda. Anda akan bisa mengatasi anak sulung Anda yang berusia 2,5 tahun dan saudaranya yang baru lahir.

4. Manfaatkan pengalaman mengurus anak pertama, walaupun anak pertama berbeda dengan anak kedua, paling tidak pengalaman saat mengurus anak pertama akan berguna. Percayalah pada diri Anda, dan jadilah lebih bijak.

5. Jika usia anak Anda terpaut dua tahun atau kurang, hadapi kenyataan bahwa dalam waktu 18 bulan kedepan Anda akan menghadapi hari-hari yang berat, baik secara logistik, sosial, maupun waktu tidur. Ini akan terus berlangsung hingga anak-anak Anda sudah bisa ke toilet sendiri dan sudah bisa berbicara. Anda akan terbiasa dengan kesibukan mengurus dua balita. Namun hari-hari Anda juga penuh dengan kelucuan, canda tawa. Dan ini membuat Anda jauh lebih baik. Jangan lupa istirahat selagi bisa. Dua anak akan membuat sedikit perubahan. Hal ini tidak dapat dipungkiri.

0 Response to "Repot Mengurus Dua Anak, Ini Tipsnya?"

Post a Comment